Jumat, 19 Desember 2008

POCKET PC

POCKET PC

Untuk memilio2ki sebuah handphone cancggih selalu mengharuskan kita merogoh kocek cukup dalam. PDA Pocket PC yg harganya mahal juga kebanyakan tidak memiliki fungsi phone.
Selama ini harga PDA Phone & Smartphone selalu berkisar 4 sampai 7 juta, namun kini ada PDA Phone Pocket PC dengan harga yg bahkan lebih murah daripada harga handphone sekalipun.
Tak hanya itu, sistem phone yg digunakan bukan GSM, tapi CDMA yg tentu saja pulsanya murah ala pulsa lokal. Harga Thera yg murah, kinerja & fleksibilitas ala PC, serta pulsa CDMA yg murah tentu akan membuat handphone, PDA, dan bahkan notebook menjadi tak layak dibeli. Benarkah begitu?
Audiovox Thera Verizon merupakan PDA Phone yg berasal dari Amerika, yaitu negara dimana sistem CDMA2000 1X pertama kali dikembangkan.
Verizon merupakan operator CDMA paling besar di Amerika.
Thera kompatibel dengan Flexi dan Fren (StarOne menyusul)
Thera merupakan PDA Phone PocketPC dengan harga termurah di muka bumi.
Untungnya lagi, sistemnya menggunakan CDMA sehingga dapat digunakan sebagai alat komunikasi yg murah meriah.
(Keunggulan CDMA dibanding GSM bisa dibaca di artikel ini)
Karena Thera merupakan PDA dengan operating system Pocket PC 2002 (ala Windows XP), maka anda langsung dapat browsing internet dengan program Internet Explorer yg ada pada PDA Phone ini.
Kecepatan akses internetnya pun 153Kbps, jauh diatas kecepatan GSM GPRS.
Secara feature & kecanggihan teknologi, PDA Phone Pocket PC jelas lebih unggul dibanding Smart Phone.
SmartPhone seperti Sony Ericsson P900 pada dasarnya tetaplah telpon, hanya saja dibekali kemampuan mendekati PDA, sedangkan PDA Pocket PC seperti Thera memiliki kemampuan yg boleh dibilang sama dengan PC. Bahkan boleh dibilang bahwa PDA Pocket PC bisa menggantikan notebook, karena PDA berbasis PocketPC memiliki software-software yg sama seperti PC/notebook. Mulai dari Microsoft Word, Excel, Outlook, software presentasi seperti PocketShow dan Powerpoint, hingga game-game ala PC yaitu Quake, Doom, Age of Empires, SimCity, dan lain-lain.
Software-software yg umum di PC seperti ACDSee, Photoshop, Powerpoint, Quicken, MS Money, dsb juga ada untuk PocketPC. Jadi jangan takut bila software yg ada di PC anda tidak ada di PocketPC.DOMINASI MICROSOFTSituasinya berbeda dgn PDA/Smartphone berbasis Symbian (Nokia, Sony, Siemens) yg miskin software. Begitu pula PDA berbasis Palm juga memiliki kualitas & jumlah software yg kalah dibanding Pocket PC. Apalagi PDA berbasis Palm boleh dikatakan sedang sekarat akibat dominasi PDA berbasis Microsoft PocketPC. Ini tak lain karena kehebatan dominasi Microsoft sang pencipta PocketPC.
Dilengkapai dengan MP3 remote control, dan craddle untuk sinkronisasi dengan PC
Kebanyakan PDA berbasis PocketPC juga dapat dirubah tampuilannya dari mode potrait ke mode landscape. Jadi masalah layar yg sempit bukan lagi alasan bila anda ingin browsing internet ataupun melihat sheet excel yg lebar.
Perubahan resolusi / tampilan mode dilakukan dgn software (misal NYditot).
Meski demikian, perubahan resolusi pada PocketPC jangan dianggap mutlak sama persis seperti perubahan resolusi di layar monitor. Tapi istilahnya pada PocketPC adalah “condensed resolution” (memampatkan) agar muat di layar.
Sama seperti yg dilakukan software browser Thunderhawk 2.0 adalah memampatkan halaman webpage ke layar 320×240 dgn format 800×600. Sehingga surfing lebih nyaman dgn tampilan serasa di layar lebar PC. Pada browser Thunderhawk, teknik “condensed resulution” dirender di server, jadi enteng buat browsernya sendiri, dan otomatis lebih kompatibel di semua PocketPC.
Beberapa PocketPC baru (Toshiba E800, Ipaq hx4700, Asus A730) juga telah mendukung mode real VGA (640×480), yg benar-benar seperti resolusi seperti di monitor (bukan condensed resolution). Waloupun tentu pengguna tetap bisa melakukan condensed ke berbagai resolusi & mode dengan software. Operating system baru seperi Windows Mobile 2003 SE juga sudah mendukung perubahan tampilan layar ke mode landscape secar on-the-fly. Jadi jelas pengguna PocketPC akan dimanjakan dgn kustomisasi layar.
o2 mini PDA PocketPC yg memiliki fungsi Phone seperti Audiovox Thera membuat segalanya semakin mudah, karena selain bisa untuk menelpon, juga bisa untuk mengetik, membuat laporan keuangan, mendengarkan MP3, menonton movie MPEG/DivX/RealMovie, melakukan image/photo editing, mengirim/ menerima email, hingga browsing internet.
Audiovox Thera bahkan sudah dilengkapi handsfree remote controller MP3 untuk memudahkan anda ketika ingin menikmati lagu-lagu MP3 di perjalanan. Fungsi play, foward, rewind, dan juga phone dapat dilakukan dengan controller ini.
Selain itu dalam paket penjualannya juga disertakan craddle active sync USB. Pada craddle ini juga terdapat jack untuk charger. Hal ini memiliki keuntungan yaitu ketika Thera berada di docking tidak harus selalu sambil di-charge. Kabel sync biasa yg sekaligus men-charge biasanya dapat menyebabkan berkurangnya umur batere.
Karena menggunakan operating system yg sama-sama buatan Microsoft, Sinktronisasi Thera dengan Microsoft Outlook di PC sangat lancar. Anda bisa mensinkronisasi macam-macam data, mulai dari Contacts, Calendar, Files, Task, Internet Explorer Favorite, dsb.
Keunggulan utama dari Windows CE / Pocket PC adalah kompatibilitas dengan Microsoft Windows dalam komunikasi data, penanganan transfer file, sinkronisasi, dan akses database sehingga Pocket PC dengan berbasis Windows CE sudah mulai dipakai pada beberapa PDA (Personal Digital Assistant) terbaru. Source code dan software yang digunakan pada artikel – artikel ini menggunakan Embedded Visual C++ 4.0 dengan Service Pack versi 4.0. Teknik yang akan dibahas adalah teknik dengan asumsi bahwa programmer/anda sudah menguasai pemrograman OOP/Object Oriented Programming dan dasar dari MFC (Microsoft Foundation Class)
FROM : http://ivansuckcu.wordpress.com/2007/08/09/pocketpc/#more-18

Tidak ada komentar: