Sabtu, 10 Januari 2009

Tips Bikin Shoutbox (chatbox) di blog mu.

Tips Bikin Shoutbox (chatbox) di blog mu.

Terkadang kita sering melihat shoutbox/chatbox bisa di pasang atau tampilin di blog orang lain... terkadang kita juga pingin pasang Shoutbox di blog kita tapi belom tahu caranya (kita gunakan kata belom tahu bukannya tidak tahu).
Nah Tips yang di bagi kali ini adalah bagaimana cara bikin Shoutbox/Chatbox di blog kamu...

Mencari HTML codes
Pertama - tama kamu bisa buka http://www.oggix.com setelah itu kamu di haruskan untukRegister terlebih dahulu :







Setelah Registrasi selesai kamu bisa Login... setelah kamu login kamu akan langsung masuk ke halaman Control Panel (ada tulisan welcome to oggix.com control panel). lalu kamu ke: How to install shoutbox on my web? lalu kamu pilih yang no 1.



Setelah itu kamu akan masuk ke tahap pertama dari pembuatan kode HTML / Javascript untuk Shoutbox (chatbox) yang sedang kamu buat sekarang ini. dilangkanh pertama ini kamu setting dulu configuration nya yang menurut kamu pas untuk kamu. ( biasanya waktunya udah GMT+7 waktu Indonesia... kalo udah gitu kamu langsung ke next aja).



Setelah kamu Click next kamu akan berada di tahap kedua yaitu memilih Tipe Shoutbox yang akan kamu gunakan, disini ada 4 Tipe Shoutbox (2 Tipe frame shoutbox, 2 tipe full frame) kamu bisa pilih salah satu yang mau kamu gunakan untuk diletakan di blog kamu. (click choose this>> pada pilihan kamu)



Setelah memilih Tipe mana yang mau kamu gunakan, sekarang pada tahap selanjutnya kamu memilih warna, pilihlah yang menurutmu cocok untuk kamu tampilin di blog kamu. ada 10 warna yang bisa kamu jadikan pilihan. (Click choose this>> di pilihan kamu)



Setelah memilih warna pada tahap selanjutnya kamu akan memilih template yang akan di gunakan shoutbox kamu ada beberapa pilihan template yang bisa kamu gunakan untuk shoutbox yang akan di tampilin di blog kamu. (Click choose this>> di pilihan kamu)



Nah ... kalo udah semua, sekarang ini kamu udah sampai pada tahap terakhir. Di tahap terakhir ini kamu hanya tinggal meng-copy HTML codes untuk kamu pasang di blog kamu. Apabila kamu sudah meng-copy HTML codes nya lebih baik kamu paste dulu di notepad (save/simpan dulu di notepad).



Masukan HTML codes ke Blog kamu.
Selanjutnya kamu masukan HTML codes yang kamu dapat itu ke Blog kamu.... kamu click Tata Letak.... lalu click Tambah Gadget.



Lalu Click HTML/Javascript...



Setelah itu kamu Paste HTML codes Shoutbox kamu yang tadi kamu copy... lalu kamu click simpan.



Setelah itu kamu bisa atur letaknya di tata letak (tentunya di bawah tambah gadget yang tadi kamu click, tinggal drag&drop aja). kalo udah jangan lupa kamu click simpan.



Nah sekarang kamu bisa lihat hasilnya di Blog kamu....



Bener kan kata aku.... bukannya gak bisa tapi cuma belom bisa aja kok.....

SELAMAT MENCOBA......
www.t1to.com

Tidak ada komentar: