Selasa, 09 Desember 2008

UPKP bab II

BAB II
FAKTA DAN MASALAH
A. KEADAAN SEKARANG
Berdasarkan hasil pengamatan sehari-hari, guru-guru di MI Baiturrohaman dalam melaksanakan tugas pembelajaran di kelas masih belum bias menciptakan suasana belajar yang kreatif dan menyenangkan sehingga siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam belajar. Disamping metode yang digunakan kurang bervariasi dan cenderung monoton, hal tersebut terjadi mungkin juga karena guru belum menggunakan ketrampilan mengajar yang bisa menciptakan suasana belajar yang kreatif dan menyenangkan.
Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pola lama dimana guru paling banyak berperan sehingga kreatifitas siswa tidak bisa berkembang dengan baik yang pada akhirnya bisa menimbulkan kejenuhan dalam belajar. Ketrampilan mengajar dikelas seperti ketrampilan bertanya, memberikan penguatan, mengadakan variasi pembelajaran, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil dan perorangan, dsb masih kurang dikuasai dan digunakan dalam pembelajaran.
Dalam hal ketrampilan bertanya guru-guru kurang memperhatikan cara-cara membuat pertanyaan yang singkat, jelas, memberi acuan, memberi tuntunan dan sebagainya yang bisa membangkitkan kreativitas dan semangat belajar peserta didik.
Dalam hal penguatan (reinforcement) seharusnya memperhatikan prinsip kehangatan, keantusiasan, kebermaknaan dan man menghindari respon negative sehingga hubungan batin antara guru dan siswa kurang terwujud.
Pelaksanaan belajar mengajar yang masih kelihatan kurang bervariasi baik dilihat dari gaya, media, sumber belajar, dan pola interaksi.
Dalam membuka dan menutup pelajaran juga salah satu factor yang bisa meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Dalam hal ini guru juga kurang memperhatikannya, sehingga mental siswa jadi kurang siap, dan pemusatan fikiran kurang optimal
Dalam pengelolaan kelas juga masih banyak kekurangan, suasana kelas kadang-kadang gaduh, tidak kondusif, dan akhirnya gangguan-gangguan pembelajaran sulit di atasi.
Keadaan yang seperti diungkapkan di atas terjadi karena guru kurang memperhatikan ketrampilan mengajar untuk mengatasi hal-hal seperti di atas. Jika keadaan tersebut berlarut-larut dan tidak segera diatasi, maka hasil yang dicapai siswa dalam belajar akan menurun .

B. KEADAAN YANG DIINGINKAN
Berdasarkan kenyataan yang ada sekarang, penulis menginginkan adanya suasana pembelajaran di kelas yang bisa meningkatkan kreativitas guru dan siswa hingga akhirnya tercipta suasana belajar yang kreatif dan menyenangkan.
Guru seharusnya mengetahui dan memahami bermacam-macam metode-metode pembelajaran yang kemudian dipraktekkan dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan dalam belajar.
Dalam hal ketrampilan bertanya guru seharusnya menggunaka Ketrampilan bertanya dasar mencakup beberapa hal yakni : pertanyaan yang disampaikan singkat dan jelas, memberi acuan, bisa memusatkan perhatian, dan sebagainya sehingga siswa siswa tidak takut menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru.
Dalam pemberian Penguatan (reinforcement) sebaiknya memperhatikan prinsip kehangatan, keantusiasan, kebermaknaan, dan menghindari penggunaan respon yang negatif.
Penjelasan dalam penyajian materi pelajaran juga harus dapat difahami sesuai dengan tujuan yang diharapkan, menyenangkan dan dapat membangkitkan motivasi belajar mereka.
Dalam membuka pelajaran seharusnya guru menggunakan cara-cara yang bisa membangkitkan kreativitas dan motivasi siswa dalam belajar seperti menghubungkan materi yang lalu dengan materi yang akan di sajikan, menyampaikan tujuan yang akan dicapai dan gari-garis besar materi yang akan dipelajari, menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, mendayagunakan media dan sumber belajar yang sesuai dengan materi yang disajikan dan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap pelajaran yang lalu maupun untuk menjajaki kemampuan awal berkaitan dengan bahan yang akan dipelajari.
Dalam menutup pelajaran juga dapat melakukan hal-hal sebagai berikut, yakni: menarik kesimpulan, mengajukan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa, menyampaikan bahan-bahan pendalaman serta memberikan post tes baik secara lisan ,tulisan maupun perbuatan.
Dalam pengelolaan kelas guru juga haris memperhatikan Beberapa prinsip dalam pengelolaan kelas, yakni adalah kehangatan dan keantusiasan, tantangan, bervariasi, luwes, penekanan dalam hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin yang diri.

C. RUMUSAN MASALAH
Dari uraian gambaran keadaan yang ada dan gambaran keadaan yang diinginkan maka dapat dirumuskan beberapa sebagai berikut:
1. Apa upaya yang dilakukan madrasah untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan?
2. Bagaimana cara untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan di kelas ?

Tidak ada komentar: