Selasa, 09 Desember 2008

UPKP BAB III

BAB III
ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH

A. ANALISIS
Dari gambaran keadaan Madrasah pada bab sebelumnya, penulis dapat menganalisis permasalahan-permasalahan yang dihadapi sebagai berikut:
1. Guru kurang menguasai cara-cara untuk menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan yang menyebabkan siswa merasa jenuh, bosan dan kurang termotifasi.
2. Perlu adanya pelatihan, loka karya, ataupun penataran, tentang ketrampilan mengajar yang meliputi : ketrampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi dalam pembelajaran, menjelaskan materi pembelajaran, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil,mengelola kelas, sserta mengajar kelompok kecil dan perorangan.

B. PEMECAHAN MASALAH
Dari analisis permasalahan di atas kiranya perlu adanya upaya dari fihak madrasah ataupun fihak yang terkait untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi madrasah. Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan antara lain :
1. Fihak sekolah mengusahakan adanya pelatihan, loka karya, ataupun penataran, tentang ketrampilan mengajar yang meliputi : ketrampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi dalam pembelajaran, menjelaskan materi pembelajaran, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil,mengelola kelas, sserta mengajar kelompok kecil dan perorangan.
2. Mengadakan kegiatan semacam mikro teaching atau semacamnya untuk mempraktekkan hasil pelatihan sehingga apa yang didapat dari pelatihan dapat difahami secara optimal dan dipraktekkan.
3. Mengadakan evaluasi pelaksanaan pembelajaran minimal setiap 3 Bulan.
4. Dalam uraian kegiatan rencana pembelajaran ditekankan adanya penciptaan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.
5. diadakan pendampingan dalam proses belajar mengajar dikelas oleh kepala sekolah ataupun pengawas pendidikan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan KBM di kelas.
6. Mempererat hubungan antara guru dan siswa sehingga siswa merasa terlindungi, dan tidak takut mengungkapkan semua permasalahan yang dihadapi.

Tidak ada komentar: